Sosialisasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan Melalui Pangan Lokal

Rabu, 31 Mei 2023 | 00:00:00 WIB | Dibaca: 1193 Kali



Kebutuhan pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia demi kelangsungan hidp, aktif dan produktif. Ketersediaan bahan pangan dan kecukupan gizi bagi masyarakat sangat penting dilakukakan agar terciptanya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Kebutuhan dan konsumsi pangan merupakan hak asasi manusia yang dalam ppenyelenggaraannya wajib oleh negara.

Gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) dan mengoptimalkan peran pangan lokal sebagai sumber pangan masyarakat.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal bertujuan untuk mewujudkan kondisi konsumsi pangan yang ideal. Melalui kegiatan kampung pangan terpadu (KPT) dengan konsep optimalisasi pemanfaatan pekarangan, sosialisasi serta promosi. pada tahun 2022 skor pola pangan harapan (PPH) Kabupaten Tanjung Jbaung Timur 93,3. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga yang notabenenya sebagai pengatur menu dan pola konsumsi sehari-hari masih rendah tentang pentingnya pola konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA). Selain itu dapat kita lihat bahwa tingkat konsumsi pangan beras dan terigu masih mendominasi.

KutipanĀ 

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan

Dinas Ketahanan Pangan

Kabupaten Tanjung Jabung TimurĀ 

Hj. Noning Retmila, S.Pt., M.Si

Komentar Facebook